Pengin Rubah Hidup Kamu? 4 Cara ini Buat Kamu Jadi Makin Baik!

Share This Post

William H. Mc Raven, Laksamana AS memberikan pidato di University of Texas, Austin. Sebuah pidato yang akan merubah sebagian orang menjadi lebih baik dalam hidup mereka.

1. Mulailah Dengan Merapihkan Tempat Tidur

Seorang wanita baru bangun dari tidurnya
Foto: unsplash.com

Dalam pidatonya di University of Texas, Admiral Mc Raven mengajak kita untuk mengubah dunia dimulai dari hal kecil berupa membereskan tempat tidur. Menurut Mc Raven, membereskan tempat tidur membuat kamu merasa dapat menyelesaikan tugas pertama pada hari itu, (membereskan tempat tidur)

Hal ini bakal memberikan perasaan bangga yang membuat kamu semangat untuk memulai hari dan mengerjakan pekerjaan lain. Membereskan tempat tidur kamu juga memperkuat fakta kalau “hal-hal kecil” dalam hidup itu penting.

Kalau kamu ga bisa menyelesaikan hal kecil dengan baik, maka mungkin kamu ga bakal bisa menyelesaikan hal besar dengan baik.

“If you want to change the world, start off by making your bed.”

Mc Raven

2. Jangan Mundur dari Para “Hiu”

seorang pria mengepalkan tinjunya
Foto: unsplash.com

Salah satu pelatihan yang diberikan dalam pendidikan Navy Seal AS adalah berenang pada malam hari. Sebelum dimulai, instruktur akan memberi tahu siswa akan adanya hiu diperairan tersebut.

Para instruktur juga meyakinkan kalau belum ada siswa yang pernah dimakan hiu. Tetapi para siswa tetap diajarkan untuk menghadapi hiu. Para siswa diberitahu “Kalau hiu-hiu mulai mengelilingi kalian, diam di tempat.Jangan berenang menjauh. Jangan takut. Kalau hiu itu lapar, dan menerkam, pukul moncong mereka.”

Ada banyak “hiu” di dunia, kalau kamu mau menyelesaikan renang kehidupan, maka kamu harus menghadapi mereka.

“If you want to change the world, don’t back down from the shark.”

Mc Raven

3. Nilai Orang Berdasarkan Hati Mereka

Seorang wanita meletakkan kedua tangannya di atas hatinya
Foto: unsplash.com

Selain berlatih berenang pada malam hari di laut yang penuh hiu, calon pasukan Navy Seal AS juga diharuskan mengikuti pelatihan mendayung perahu karet.

Biasanya, terdapat dua kelompok siswa. Mereka yang berbadan besar, dengan ras berkulit putih asal AS, Serta kelompok siswa berbadan kecil. Kelompok ini terdiri dari berbagai ras.

Kedua kelompok jelas akan menunjukkan perbedaan kekuatan fisik jika dilihat melalui perawakan mereka. Kelompok kecil ini biasanya disebut munchkin crew. Mereka selalu menjadi bahan ejekan kelompok lain.

Tetapi, kelompok kecil inilah yang selalu bertahan hingga akhir. Mereka lebih cepat dalam mendayung dan lebih cepat bergerak, pada akhirnya mereka yang mencapai objektif lebih awal. Tidak ada yang lebih penting dari keinginan untuk berhasil. Bukan ras, bukan pendidikan, bukan status sosial.

“If you want to change the world, measure a person by the size of their heart.”

Mc Raven

4. Kekuatan Harapan

Tangan seserorang mencoba untuk menggenggam matahari
Foto: unsplash.com

Hell week atau minggu neraka merupakan bagian dari pelatihan Navy Seal AS, berupa minggu tanpa tidur dan penuh dengan usikan mental. Salah satu pelatihannya adalah the mud flats (dataran lumpur), sebuah rawa di Tijuana.

Di dataran lumpur, calon Navy Seal AS diharuskan berendam sepanjang malam yang dingin di lumpur yang hanya menyisakan kepala mereka.

Mc Raven menceritakan sebuah sesi pelatihan “Waktu tersisa 8 jam, banyak yang terlihat ingin menyeah. Tapi, ada seorang siswa yang mulai bernyanyi, suaranya tidak bagus tapi penuh dengan semangat dan antusias. Dua, tiga siswa mulai ikut bernyanyi dan seluruh kelas bernyanyi. lumpur yang dingin terasa lebih hangat dan malam menjadi cepat berlalu.” The power of hope, the power of one person.

Kekuatan dari harapan yang selama ini membuat kita berhasil bahkan melalui hal-hal tersulit sekali pun. Satu orang, seperti Soekarno, gadis Pakistan, Malala, dapat memberikan kekuatan bagi semua orang.

“The power of hope, one person can change the world by giving people hope.”

Mc Raven

Conclusion

Hidup memang tidak adil dan kamu akan sering gagal. Tapi kalau kamu berani mengambil resiko, tetap melangkah pada saat terberat (tidak menyerah), hadapi para penggertak, menolong yang tertindas generasi mendatang akan hidup didunia yang lebih baik dari yang kita miliki hari ini. (Mc Raven)

“If you want to change the world, start each day with a task completed, find someone to help you through life, respect everyone.”

Mc Raven

#GlowUp Bareng yuk

Level up dirimu dengan subscribe

Lanjut baca